Tuesday, September 17, 2019

Ambil Resiko Besar, maka Kamu akan menjadi Orang besar.



Tulisan ini terinspirasi oleh kejadian bebrapa hari ke belakang, saya punya senior sekaligus guru, beliau sekarang diposisikan oleh atasannya di bidang pekerjaan yang baru dan diberi tanggungjawab yang baru, beliau orangnya mempunya tanggung jawab yang besar dan loyalitasnya sudah mantap, tetapi ada hal yang membuat beliau merasa tidak percaya diri yaitu ketika diberi suatu tugas beiau langsung berfikir dan merasa tugas tersebut terasa berat dan cape, padahal itu baru tugas belum terlaksana.

Semua tindakan pasti ada resikonya, tidak ada sebuah keputusan yang tanpa resiko, karena antara keputusan dan resiko ibarat suatu sebab dan akibat.

Sebuah resiko bisa diprediksi dari hasil sebuah keputusan, semakin besar prediksi hasil dari sebuah keputusan maka takaran resiko pun akan berbading sama dengan keuntungan dari keputusan tsb.

Kebanyakan orang justru menghindari sebuah resiko, yang padahal resiko tidak bisa dihindarai, karena ketika kita berani mengambil sebuah keputusan maka disanalah kita harus berani berdampingan dengan resiko, selama keputusan itu kita jalankan maka selama itu pul kita akan bergandengan dengan resiko.



Diatas adalah gambar ilustrasi, keuntungan dan resiko akan selalu berkaitan dan selalu berbarengan, sehingga ketika sebuah resiko takarannya lebih berat maka keuntungan akan semakin keatas, nah disini peran kita bukan harus menghindari resiko tetapi bagaimna caranya resiko tersebut bisa diminimalisir dan diatasi, maka dalam setiap keputusan kita diharuskan menyiapkan berbagai rencana dan strategi untuk menjalankan keputusan tersebut, hal ini supaya beban resiko bisa diminimalisir.

Ambilah resiko yang menurut orang lain berat, karena dengan mengambil resiko yang menurut orang lain berat kita akan menjadi orang yang berbeda dengan yang ain dan tidak mempunyai saingan banyak, sehingga keberhasilan akan mudah kita capai. Orang orang hebat yang sukses, mereka bisa seperti itu bukan hal yang mudah, merka bisa menaklukan resiko yang besar sehingga menjadi orang besar.

Ada beberapa tips supaya kita berani mengambil resiko yang besar, diantaranya :


  • Rencanakan hal yang Besar


Ketika merencanakan hal yang besar tentunya kita sudah memprediksi penghasilan yang besar pula, dengan melihat pengasilan tersebut maka kita berani merencanakan, sebatas perencanaan resiko pun sudah bisa dipediksi namun ketika kita hanya ingin mengahrap penghasilannya saja tanpa tidak ingin mengambil resikonya, mka ini NOL besar. Beranilah ambil resiko, karena setelah kita jalani resiko akan banyak memberi hikmah dan akan terus membawa kita ke gerbang keberhasilan.


  • Anggap Resiko Sebagai Tantangan bukan Beban
Ketika kita suka dengan tantangan itu tandanya anda adalah orang yang bermental sukses, ingat tantangan itu berada di tengah tengan antara belum berhasil dan berhasil, maka sudah hal yang seharusnya ketika kita ingin sampai ke tempat kesuksesan harus melangkah dulu di dalam tantangan. Sama dengan resiko ketika kita berani melangkah dibarengi dengan resiko maka kita akan sampai ke tempat keberhasilan, jangan anggap resiko sebagai beban, ketika kita anggap itu beban maka akan tersa berat. Tahukah anda perbedaan Beban dan Tantangan ? Beban hanya memberikan hal2 yang pesimis meskipun ada tujuan yang jelas, tetapi kalau Tantangan akan memberi Motivasi bahkan akan tersa ringan ketika kita mencapai tujuan.






No comments: