Friday, July 5, 2019

Memanfaatkan Usia Dan Waktu

Pentingya memanfaatkan umur dalam kehidupan
Oleh : Maman Suryaman, S.T

a.      Uraian Nasihat
Umur adalah salah satu nikmat dan amanah yang diberikan Allah kepada kita sebagai mahluk, sehingga kita harus mensyukuri dan akan dipinta pertanggung jawabanya.
Menurut salahstu keterangan nanti ketika proses Hisab banyak manusia yang tidak bisa bahkan sulit menjawab pertanyaan tentang pertanggungjawaban umurnya, hal ini dikarenakan banyak manusia yang lupa memanfaatkan umurnya dan tidak bisa menghabiskan umurnya di jalan Allah SWT.
Manajemen umur sangat penting supaya umur kita terarah dan tidak disia siakan, karena umur yang akan dipertanggungjawabkan dari mulai kita mengijak Baligh sampai kita meninggal, dari mulai digunakan untuk apa saja umur kita sampai apa saja yag dilakukan selama kita hidup.
Dalam tulisan ini saya mencoba menjelaskan tentang hitung hitungan umur kita, karena selama kita hidupa banyak sekali aktifitas yang kita lakukan, maka kita akan coba hitung umur kita dihabiskan untuk aktifitas apa saja, apakah umur kita habis untuk beribadah kepa Allah sebagai tugas pokok kita atau sebaliknya malah umur kita habis untuk melakukan hal hal yang dilarang oleh Allah SWT.
Pertama kita ambil contoh aktifitas yang rutin kita lakukan yaitu TIDUR, kit akan hitung umur kita yang digunakan untuk tidur, kita hitung saja tidur kita selama satu hari 8 jam. Dicintohkan kita sekarang umur 20 Tahun mulai baligh dari umur 15 Tahun, jadi umur kita yang akan dihisab selam 5 Tahun.
Cara mengitung :
·         Tidur selama satu hari = 8 Jam
·         Tidur selama satu minggu = 8 jam  x 7 hari = 56 jam (jadi kta tidur 56 jam selama satu minggu = 2 hari)
·         Tidur selama satu bulan = 8 jam x 30 hari = 240 jam (jadi kita tidur 240 jam selama satu bulan = 10 hari)
·         Tidur selama satu tahun = 10 hari x 12 bulan = 120 hari (jadi kita tidur 120 hari selama satu tahun = 4 bulan)
·         Tidur selama 5 tahun = 4 bulan x 5 tahun = 20 bulan (jadi kita tidur 20 bulan selama 5 tahun = 2 tahun kurang 4 bulan.
Dari kesimpulan diatas 5 Tahun dari umur kita telah habis hanya dipakai tidur selama 2 Tahun kurang 4 bulan, belum waktu bekerja, menggosip, hura hura dll, coba bayangkan umur yang kita pakai untuk ibadah berapa ?
Hikmah yang kita bisa didapat dari perhitungan diatas betapa pentingnya kita memperhitungkan umur kita apalagi kita diutus didunia hanya untuk ibadah, maka seharunsnya umur kita dipakai sepenuhnya untuk ibadah. Maka daripada itu semua aktivitas kita harus menjadi ibadah, bagaimana caranya ? tiada lain hanya dengan ilmu lah kita bisa menjadikan semua aktivitas kita menjadi ibadah, maka peran ilmu sangat penting dalam kehidupan kita sehari hari.

b.      Tujuan Nasihat untuk siswa
Tujuan uraian diatas adalah supaya siswa berhati hati dalam menjalani kehidupannya dan juga berhati hati dalam menghabiskan usianya, sehingga akan mendongkrak semangat dalam segala aktivitas termasuk belajar, dan juga supaya meningkatkan anak supaya benar benar dalam mencari ilu, karena semua aktivitas bisa menjadi ibadah kecuali dengan ilmu

No comments: