Friday, November 10, 2017

Study Banding ke SMK Pasundan 2 Bandung




Hasil study banding ke smk pasundan 2 bandung
Tanggal 10/11/2017
===========================================================
Ketika saya dan team sampai ke lokasi dan masuk gerbang sekolah, sudah terasa sekali suasana aman dan nyaman ditambah lagi kami disuguhkan degan adanya mobil baru sebagai media pembelajaran jurusan TKR dihalaman sekolah dan bengke ahhas honda, pemandangan itu juga meyakinkan kami bahwa sekolah ini adalah sekolah berbasis industri.

Smk pasundan 2 bandung memiliki 2.400 siswa dengan jumlah rombel 62 dan waktu sekolahnya 2 shift, ini intuk mensiasati kekurangan kelas.
Tidak lama kemudian kami bertemu dengan perwakilan sekolah yang menyambut kami dengan ramahnya membawa kita ke suatu ruangan yang sangat unik, ruangannya tidak begitu luas tapi anehnya kami merasa ruangan itu sangat luas, dan ternyata ruangan itu adalah Perpustakaan, shingga membuat kami langsung bertanya tentang bagaimana ruangan ini bisa senyaman dan tertata seperti ini beliau menjawab ini ruangan sengaja dikonsep agar siswa betah dan nyaman dalam menggunakan ruangan ini, dan konsepnya seperti cafe. Intinya kami berfikir bagaimana memanusiakan manusia, karena latar belakang siswa disini adalah menengah ke bawah, jadi kami sengaja ruangan dibuat semewah ini, karena orang biasa biasa kalau dibawa keruangan yang exclusif mereka akan merasa segan, ujar salahsatu perwakilan sekolah.

Tidak lama kemudian acarapun dimulai dengan berbagai perkenalan dan sambutan serta memaparkan maksud tujuan kami ke smk pasundan 2 bandung, saking asyiknya melihat suasana sekolah, yang tadinya kami hanya akan bertanya seputar laboratorium saja, ternyata jadi semua kami tanyakan sampai ke manajement sekolahnya, ketika acara diskusi kami berlangsung banyak sekali pengetahuan tentang manajement yang kami dapat, yang apabila kami bandingkan dengan sekoah kita agak begitu berbeda, mungkin salahsatu perbedaan manajement disana dengan sekolah kita adalah di smk pasundan 2 bandung semua manajement sekolah dari mulai a-z itu sudah memakai ilmu manajement masing masing sehingga resiko kesalahan dalam mengambil keputusan akan semakin sedikit.

Selama diskusi ada beberapa kesimpulan yang saya tangkap dalam hala manajemnt sekolah smk pasundan 2 bandung diantaranya :
1. Perencanaan di semua sektor manajement harus matang, contoh kecilnya saja ketika membuat suatu ruangan, itu harus difikirkan dengan kenyamanan dan kegunaan ruangan tsb.
2. Membangun kekompakan di semua staf dan  karyawan dengan konsep Taawanu alalbirri, karena kita disekolah bukan untuk mencari kekayaan tapi mencari keberkahan.
3. Maksimalkan penggunaan biaya bantuan dari pemerintah sesuai asnap yang sudah duberikan, dan dikelola oleh orang yang dipercaya dalam mengembangkan sekolah.
4. Walaupun biaya sekolah murah, kalau ,anajementnya bagus dan disertai ilmu manajement hasilnya akan maksimal dan menjadi sekolah paforit.
5. Pasundan 2 setiap tahun mengeluarkan siswa yang bermaslah sekitar 100 siswa pertahun, hal ini kalau dilihat sekilas kita akan berfikir, kenapa begitu apakah tidak sayang mengeluarkan siswa sebanyak itu ? hal ini justru slahsatu konsep filterisasi siswa yang berkarakter, logikanya apabila kita terus menerus mempertahankan siswa yang bermalah, maka siswa yang masuk ke sekolah nantinya akan asa juga yang bermasalah karena mereka akan mengajak temanya, namun apabila kita mengeluarkan siswa yang bermaslah, maka sekilas kita akan kehilangan aset sekolah yaitu siswa, tetapi sebenarnya disitulah jalan kita membuat siswa yang lain berkarakter, karena nantinya yang tersisa di sekolah hanyalah mereka yang berkarakter sehingga nantinya yang masuk ke sekolah kita adalah anak anak yg benar benar siap dg peraturan kita.
6. Memanusiakan manusia, konsep ini yang dipakai di pasundan dari mulai ruang siswa, gur, tata usaha itu di buat senyaman mungkin, karena itu salahsatu mosal promosi juga.
7. Ruang tata usaha menjadi icon pertama penilaina orang tua terhadap sekolah.
8. Kelengkapan dan pemerataan media praktek yang memadai, itu salah satu kunci kesuksesan SMK.
9. Setiap hari sebelum KBM siswa diberikan motivasi untuk semangat dalam belajar, diantarnya keunggulan pelajar, dan juga sering disampaikan kalian itu jangan miskin 7 turunan, rubahlah keadaan keturunan kalian dengan Ilmu kalian.

No comments: