Friday, November 10, 2017

Rapat Koordinasi Kelas Industri KPTIK



Rapat Koordinasi Kelas Industri KPTIK
SMKN 1 Cimahi, 10/11/2017
======================================================================
Kami ucapkan terimakasih kepada team KPTIK yang telah memfasilitasi kami untuk mengembangkan siswa dan sekolah di bidang Digital Marketing, hla  ini sudah dibuktikan dengan MOU kesepakatan sekolah dan KPTIK.

Digital marketing akan menjadi primadona transaksi online dimasa yang akan datang, hal ini menjadi lahan kesempatan bagi siswa siswi SMK untuk ikut menjadi pelaku Digital marketing. Hal ini pula yang menjadi salahsatu landasan KPTIK memberikan program kelas Industr ke SMK yang pada saat ini hanya dilaksanakan di wilayh jawa barat, dan alhamdulillah sekolah kita termasuk didaamnya.
Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Mentor dari setiap sekolah dan perwakilan dari sekolah, sengaja mentor dan perwakilan sekolah diundang untuk menindak lanjuti program dari KPTIK rakor ini juga dilaksanakan dengan tujuan mengevaluasi setiap sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran.

Digital marketing, dan mencari solusi agar kelas ini lebih baik lagi. Pak Rusmanto (salahsatu Perwakilan KPTIK), memaparkan program Kelas Industri ini bukan program main main tetapi pihak KPTIK sangat serius mengadakan program ini, itu dibuktikan dengan program beasiswa yang diberikan kepada siswa yang lolos seleksi sebesr 250.000 perbulan selama satu semester.
Banyak temuan temuan dari teman teman mentor selama melaksanakan pembelajaran kurang lebih satu bulan ke belakang, temuan temuan ini juga membuat saya lebih faham tujuan kedepannya dari program ini, ternyata KPTIK mempunyai mimpi besar kedepannya, yaitu salahsatunya ingin mengembangkan lulusan SMK untuk menjadi pelaku Digital marketing yang menjadi ujung tombak dari sebuah marketing, KPTIK juga sudah mulai komunikasi dengan berbagi kementrian untuk mencari peluang dan dukungan terkait program digital marketing, dan alhamdulillah sudah ada satu kementrian yang sudah ada respon yaitu kementrian Desa.

Kementrian desa kesulitan menerima laporan laporan terkait program desa yang sudah diberikan ke setiap desa di seluruh indonesia, dari sekian banyaknya desa hanya sekian desa yang sudah masuk laporannya, ternyata setelah diteliti alasan dari kebanyakan desa terkait tidak ada laporan kegiatan desa yaitu kurangnya SDM yang bisa memberikan informasi lewat internet, meskipun hal ini adalah pekerjaan sepela, tetapi kalau tidak didukung oleh SDM yang ahli maka tetap saja akan terbengkalai, melihat kesempatan ini pihak KPTIK semakin yakin dengan Kelas Industri Digital marketing ini akan membantu sekli untuk kelancaran program desa, disisi lain hal ini juga akan membutuhkan sangat banyak tenaga kerja yang ahli di Digital marketing, ini akan menjadi kabar baik untuk sekolah yang bergaung di kelas industri ini.

Digital marketing bukan pembelajaran yang sulit, karena sebenarnya digital marketing adalah kebiasaan kita menggunaka Sosial media yang sudah tidak asing lagi untuk semua orang buat siswa siswi kita di era mileneal seperti saat ini, kita sebagai pengajar hanya  memberikan arahan saja dan batasan batsan dalam menggunakan sosial media, dan juga mengarahkan mereka lebih ke marketingnya, seperti di sekolah SMK Al-Falah ada 3 siswa yang mengikuti kelas industri ini yang sudah mempunyai online shoop, sehingga mereka sangata antusias dalam mengikuti pembelajaran ini, karena mereka sangat terbantu dalam bisnis mereka.

Digital marketing ini juga akan menjadi nilai plus bagi siswa smk semua jurusan tidak hanya jurusa IT saja, krena digital marketing itu bisa masuk ke ranah apapun dsehingga ini akan jadi media bisnis untuk mereka yang mempunyai produk atau komptensi.

Intinya kelas industri ini adlah salahsatu kesempatan bagi siswa siswi kita untuk unggul dalam mengahadapi era digital, sehingga mereka akan lebih siap dalam menyongsong masa depan, semoga bermanfaat.